10 September 2015

Posdaya Masjid Muritsul Jannah


Selama bulan Agustus 2015, Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang melakukan pengabdian kepada masyarakat di wilayah kelurahan Kotalama Malang. PKL atau Praktik Kerja Lapangan para mahasiswa ini mengusung program besar bernama Posdaya (Pos Pemberdayaan Keluarga) berbasis Masjid.

Oleh karena itu, para mahasiswa tersebut bermalam di wilayah Kotalama dan memusatkan kegiatan untuk umat di Masjid Muritsul Jannah Kotalama Malang. Kegiatan ini didukung oleh Takmir Masjid Muritsul Jannah, DMI (Dewan Masjid Indonesia) Ranting Kotalama Malang, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Malang, dan Tokoh-tokoh masyarakat (RT 11, RT 12, RW 02) dan Lurah Kotalama Malang.

Posdaya adalah gerakan masyarakat untuk mandiri dari kekuatan masyarakat dan untuk masyarakat, yang digagas oleh mantan Menko Kesra dan Taskin Prof. Haryono Suyono. Posdaya ini ada beragamn topik dan kali ini dilakukan oleh perguruan tinggi dengan topik KKN Tematik Posdaya. Bagi UIN Malang, bidang garapnya adalah masjid sebagai pusat pembinaan ummat. Gerakan mahasiswa ini diharapkan jadi inspirasi bagi masyarakat bahwa banyak rahmat Allah tersebar di mana-mana.

Posdaya Muritsul Jannah mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Mereka berharap, dengan Posdaya ini, umat Islam khususnya Jamaah atau Keluarga Besar Masjid Muritsul Jannah dapat lebih meningkat dalam segala aspek, terutama hal peribadatan, pendidikan, ekonomi dan kesejahteraan.

Melalui PKL Mahasiswa ini, pada akhirnya dapat terbentuk struktur kepengurusan Posdaya Masjid Muritsul Jannah sebagai wadah bagi keluarga dan masyarakat untuk bersama-sama mengembangkan kualitas umat.

1 komentar:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Posdaya Masjid Muritsul Jannah
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi di
    Lembaga Pengabdian Masyarakat

    BalasHapus